RSS

Beda Kemangi Dengan Selasih

16 Feb
Assalamualaikum.Saya punya dua jenis tanaman kemangi tapi warna bunganya berbeda. Kata guru saya, yang bunganya berwarna putih namanya kemangi dan yang bunganya berwarna hitam namanya selasih. Apa betul pak? Kalo ya, tolong sekalian kasih tahu nama latin dan manfaat dari masingmasing tanaman tersebut. Terima kasih banyak.

Wassalamualaikum,

Rakhmawaty
erpeer at eramuslim.com

Jawaban

Wa’alaikumsalam Wr.Wb

Baik Kemangi dan Selasih memang masih satu spesies termasuk dalam famili Ocinacea. Nama latin Kemangi adalah Ocinum Bassilum Ferina Citratum. Sedangkan Selasih Ocinum Bassilum L.

selasih

Kemangi dikenal juga dengan nama lampes, kemangi hutan atau kemangi kebo. Bahkan, di beberapa daerah, kemangi biasa disebut selasih. Tanaman ini dikenal sangat kaya dengan berbagai kandungan kimia, di antaranya: minyak atsiri, osimena, farnesena, sineol dan lain-lain. Yang dihasilkan oleh daun, biji dan akar.

Yang menarik dari daun kemangi yang biasa dihidangkan bersama lalapan lainnya adalah khasiatnya yang sangat luar biasa untuk menghilangkan bau mulut, badan lesu; bau badan dan keringat. Bahkan, bagi orang-orang yang biasanya mengalami perut kembung, hanya dengan melalap kemangi setiap hari bisa meluruhkan gas dalam perut. Begitu pula dengan kaum hawa yang haidnya tidak teratur bisa diatasi dengan daun kemangi ini.

Bagi pria yang kebetulan menderita ejakulasi dini, meminun air rebusan kemangi atau melahapnya sebagai lalap bisa membantu masalah disfungsi seksual ini.

kemangi

Berbeda dengan kemangi, selasih hanya menghasilkan kandungan kimia dari daun dan biji. Kendati demikian, hanya dengan meminum air rebusan dauhn selasih dan rendaman biji selasih di dalam air matang, tanaman yang mempunyai nama lain telasih, amping dan kukuru ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti: TBC, demam, pencernaan terganggu, maag, diare, radang usus, sariawan, sering gugup, sakit kepala, haid tidak teratur, rematik, radang mata (bercak putih pada selaput bening mata), rinitis, lemah ingatan, kelelahan mental dan penyakit jantung.

Jika Anda Berminat dengan Kemangi & Selasih Silahkan Hub. 0878 38 77 8700 ( http://juraganjamu.com)
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 16, 2013 in Tanya Jawab

 

Tag: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.119 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: