RSS

Gadung China

01 Feb

A. NAMA
1. Nama ilmiah : Dioscorea hispida Dennst.
2. Nama daerah : gadung ribo (Minangkabau), Gadung (Sunda dan Jawa), sikapa (Makasar), salapa (Bugis), bituke (Gorontalo), gadu (Bima).
3. Nama asing : bitter yam (Inggris), bai su hang (Cina).

B. KANDUNGAN KIMIA DAN EFEK FARMAKOLOGIS
Sifat dan gadung belum banyak diketahui. Beberapa bahan kimia yang terdapat dalam gadung di antaranya alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, dan dioscorine (C13H19N02). Perlu diketahui bahwa dioscorine pada umbi merupakan racun yang menyebabkan kejang. Oleh karena itu, penggunaan umbi memerlukan penanganan khusus, seperti merendam umbi dalam air mengaiir selama beberapa hari. Cara lainnya adalah memasaknya, misalnya direbus dengan banyak air di atas nyala api sedang dan dalam waktu yang lama.
Efek farmakologis gadung di antaranya penurun panas, anti-rematik, peluruh kencing, pengencer dahak, dan menghilangkan nyeri haid.

C. PERBANYAKAN DAN PERAWATAN TUMBUHAN
Perbanyakan gadung dapat dilakukan dengan umbi atau setek batang. Gadung dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk dasar. Tumbuhan mi menghendaki tempat yang cukup matahari.

D. BAGIAN TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN DAN PEMANFAATANNYA
Umbi gadung dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

1. Kencing manis (diabetes mellitus)
Cuci bersih 15 g umbi gadung segar dan 30 g biji alpukat. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan sekaligus saat hangat 1 gelas sehari.

2. Kusta
Cuci bersih 15 g umbi gadung, 5 g buah cabe jawa, 5 g biji lada, kelapa parut, dan gula merah secukupnya. Rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih, dinginkan, lalu saring. Minum air rebusannya sekaligus saat hangat 1 gelas sehari dan balurkan ampasnya ke bagian kusta.

3. Nyeri haid
Cuci bersih 10 g umbi gadung segar dan 20 g temulawak. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan sekaligus saat hangat , gelas sehari.

4. Rematik
Cuci bersih 15 g umbi gadung segar dan 15 g jahe merah. Rebus bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 172 gelas. Minum air rebusan 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 1, 2012 in Manfaat & Khasiat

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: