RSS

Sambiloto

04 Feb

Buat para penggemar jamu gendong pasti sudah sangat kenal dengan tanaman satu ini, sambiloto merupakan salah satu bahan wajib dalam jamu gendong. Sambiloto sangat terkenal dengan rasanya yang hmmmm pahit banget, saking pahitnya mungkin ga banyak yang suka minum jamu dari sambiloto. Weits tapi jangan salah, pahitnya sambiloto bikin manis loh. Maksutnya? gini, biarpun rasanya pahit di lidah namun bisa bermanfaat manis buat kesehatan tubuh. Sambiloto sudah terkenal ampuh, hal ini sudah di buktikan sejak dulu. Sudah sejak abad 18 sambiloto di gunakan sebagai tanaman obat, coba deh di hitung sudah berapa lama sambiloto di percaya menjadi obat. Bahkan sudah sejak lama sambiloto di gunakan sebagai obat di negara india

Dalam sebuah penelitian di cina, sambiloto terbukti berkhasiat sebagai anti penyakit hati. Masih ada banyak manfaat dari sambiloto , biar ga lama – lama mari di simak beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari sambiloto :

  • Mengobati Malaria

Caranya : Rebus satu genggam akar, batang dan daun sambiloto dengan 7 gelas air sampai mendidih. Pagi dan sore minum 1/2 gelas, untuk penggunaan berikutnya cukup tiap hari tambahkan daun yang segar dan tambahkan satu gelas air lalu di rebus kembali.

  • Mengobati Beri – beri

Caranya : Rebus satu genggam akar, batang dan daun sambiloto dengan 7 gelas air sampai mendidih. Tiap Pagi dan sore minum 1sloki, untuk penggunaan berikutnya cukup tiap hari tambahkan daun yang segar dan tambahkan satu gelas air lalu di rebus kembali.

  • Penawar Racun Serangga

Caranya : Tumbuk halus segenggam daun sambiloto, kemudian tempelkan pada bekas gigitan serangga/ binatang berbisa dan balut dengan perban. Sering ganti dengan tumbukan daun sambiloto segar untuk hasil maksimal.

  • Mengobati demam

Caranya : Tumbuk satu genggam daun sambiloto segar kemudian tambahkan 1/2 cangkir air bersih, kemudian saring dan minum langsung.

  • Mengobati Influenza

Caranya : Seduh 1 g bubuk kering sambiloto ( bisa di beli di toko obat ) dengan secangkir air hangat. Setelah dingin minum sekaligus dan lakukan 3 – 4 kali sehari.

  • Penambah Nafsu Makan

Caranya : Rebus satu genggam akar, batang dan daun sambiloto dengan 7 gelas air sampai mendidih. Pagi dan sore minum 1 sloki, untuk penggunaan berikutnya cukup tiap hari tambahkan daun yang segar dan tambahkan satu gelas air lalu di rebus kembali.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 4, 2012 in Manfaat & Khasiat

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: