RSS

Temulawak

04 Feb

Temulawak adalah tanaman yang termasuk dalam keluarga Zingberaceae dan merupakan tanaman asli dari Indonesia.  Secara tradisional, rimpang Temulawak sudah banyak digunakan sebagai .

Menurut Charles Saerang, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat Tradisional, -seperti dikutip Tribunnews.com- satu penelitian yang dilakukan oleh perusahaan jamu menunjukkan bahwa perpaduan antara Temulawak dan dapat digunakan sebagai obat anti penuaan (anti-aging). Manfaat ini didapat dari kandungan Antioksidan.

Sambiloto sebagai antioksidan tidak dapat berdiri sendiri karena rasanya yang pahit sehingga dapat merusak hati, sehingga harus dikombinasikan dengan Temulawak. Selain dengan sambiloto, Temulawak juga bisa dikombinasikan dengan bahan jamu yang lain karena sifatnya yang bisa menjadi bahan dasar dan bisa meningkatkan efektivitas bahan yang lain (bahkan beberapa bahan herbal tidak akan efektif jika tidak dikombinasikan dengan temulawak).

Khasiat Temulawak yang lain adalah membuat tidur jadi nyenyak, meningkatkan nafsu makan, dan memperlancar buang air besar, meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi, sebagai obat jerawat, , anti kolesterol, anti inflamasi, anemia, anti oksidan, pencegah kanker, dan anti mikroba (Wikipedia.org).

Selain sebagai jamu dan obat-obatan temulawak juga berkhasiat sebagai sumber karbohidrat, karena dengan mengambil patinya, kemudian diolah menjadi bubur makanan untuk bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan. Di sisi lain, temu lawak juga mengandung senyawa beracun yang dapat mengusir nyamuk, karena tumbuhan tersebut menghasilkan minyak atsiri yang mengandung linelool, geraniol yaitu golongan fenol yang mempunyai daya repellan nyamuk Aedes aegypt.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 4, 2012 in Manfaat & Khasiat

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: