RSS

manfaat n Khasiat Handeuleum si Daun wungu

04 Agu

Tanaman handeuleum (Sunda) atau juga Daun Wungu (Graptophyllum pictum L. Griff) ternyata bisa menjadi obat manjur untuk wasir. Senyawa flavonoid yang bersifat anti-inflamasi mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan karena wasir. Bahkan wasir yang parah pun akan mendapat hasil maksimal jika minum ramuan daun wungu secara teratur.

Tanaman perdu ini, konon, asalnya dari wilayah Papua dan Polinesia, yang banyak tumbuh liar begitu saja. Permukaan daunnya berwarna ungu mengilat. Menanamnya juga mudah sekali, cukup dengan biji atau stek batang jika ingin lebih cepat. Ada beberapa varietas daun wungu yang dijadikan tanaman hias yang juga sering dijuluki Caricature Plant. Ada yang belang hijau putih, ungu bergaris putih dan ungu. Nah yang ungu inilah yang dijadikan obat.

Bagian tanaman Handeuleum yang biasa dijadikan obat adalah daun, kulit batang serta bunga. Daunnya kaya flavonoid, alkaloid non toksik, glikosid, steroid, saponin, tanin dan berlendir. Bagian batang mengandung kalsium oksalat, asam format dan lemak. Kandungan zat tersebut menyebabkan tanaman ini juga bersifat diuretik (peluruh kencing), mempercepat matang pada bisul, dan melancarkan BAB (laksatif) dan melembutkan kulit.

Karena sifat pencahar tergolong ringan inilah yang dianggap mampu mengatasi dan mencegah penyakit wasir dan sembelit alias konstipasi.

Penyebab wasir bisa karena faktor kegemukan,kehamilan atau keturunan. Wasir timbul karena terlalu keras mengejan dan menyebabkan penggelembungan pembuluh darah di anus. Rasa nyeri dan perdarahan akibat wasir juga bisa dikurangi dengan rajin minum rebusan daun wungu.

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 4, 2012 in Manfaat & Khasiat

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: