RSS

Khasiat dan Manfaat Tribulus

29 Agu
Tribulus Terrestris adalah jenis tanaman berbunga (keluarga Zygophyllaceae), yang yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan dapat tumbuh di gurun pasir atau tanah gersang. Tribulus Terrestris termasuk tumbuhan subtropis yang berasal dari kawasan Mediterania yang pada perkembangannya menyebar ke seluruh dunia. Buah dari tumbuhan ini sangat keras dan berduri tajam. Bila sudah tua buahnya berwarna coklat muda, bulat, gepeng dan berdiameter 1 cm. Panjang batangnya sekitar 10cm sampai 1m dan bercabang. Daunnya menyirip dengan panjang kurang dari setengah inci. Bunganya berukuran 4-10mm lebarnya ,dengan 5 buah mahkota bunga yang berwarna kuning lemon.
Tribulus Terrestris Sudah lama digunakan sebagai tonic dalam pengobatan Ajurveda di India untuk memperbaiki seksual, penawar hati, urinari, kardiovaskular, sakit kepala, gangguan saraf dan sembelit. Di Turki juga direkomendasikan untuk mengatasi tekanan darah dan menurunkan kolestrol tubuh. Di Eropa pada umumnya digunakan untuk penderita sering pusing, konstipasai dan disfungsi seksual.
Klasifikasi Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Bangsa: Sapindales
Suku: Zygophyllaceae
Marga: Tribulus
Jenis:
Tribulus terrestris

Beberapa Penelitian Tribulus Terrestris

Menurunkan tekanan darah, migran/pusing dan nyeri haid. Dari hasil uji klinis penderita tekanan darah systole diatas 170 mmHg, saponin tribulus terrestris mampu menurunkan tekanan darah lebih dari 40 mmHg sebanyak 80% penderita. Efek anti migran/pusing disebabkan mekanisme ICP (Intracaverous presser).ICP ini berfungsi melancarkan darah ke seluruh tubuh dan merelaksasikan otot. Hal ini sangat tepat bagi penderita migrant /pusing karena gangguan peredaran darah. Saponin mampu membantu menjaga keseimbangan hormone estrogen dan progesterone serta melenturkan otot kewanitaan sehingga berguna bagi wanita yang nyeri haid karena gangguan hal tersebut.(Zhong Yao Za Zi, August 2005;4;1290)

Menurunkan kadar Gula Darah (Diabetes) dan kolesterol. Penelitian terhadap efek hipoglikemik, saponin mampu menurunkan kadar 26% sampai 40% kadar gula serum.Saponin Tribulus terrestris mampu menurunkan serum.(Zhong Yao Cai,May 2003;4;341).

Efek aprodisiak. Gairah seksual & stamina tubuh. Protodioscin dalam tubuh menjadi Dehidroepiandrosteron (DHEA) yang merupakan bahan dasar pembentuk hormone testosterone. Disamping itu protodioscin juga meningkatkan hormone luteinizing melalui mekanisme ICP. (DHEA) dan luteinizing berperan penting dalam meningkatkan kualitas dan ketahanan seksual laki-laki. Di Negara Eropa biasa dipakai untuk menguatkan otot dan mempertahankan stamina para atlet di kejuaraan Olimpiade.Forustanol merangsang kelenjar androgen di hipotalamus sehingga hormone sex menjadi lebih terlatih dan selalu aktif.(Life Sci,August 2002;71;(12);96;1385)

Juragan Jamu menjual tribulus terrestris (simplisia kering atau bubukan)

jual tribulus biji

Juragan Jamu suplier bahan baku jamu/herbal terlengkap, murah dan berkualitas, kami dapat mensuplai berbagai jenis bahan baku jamu/herbal simplisia kering atau bubukan secara grosir maupun eceran…

LENGKAP,  MURAH dan BERKUALITAS, segala jenis bahan baku jamu tradisional indonesia (local) dan import…

CP: 0878 3877 8700 / 0852 2979 8700

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 29, 2012 in Manfaat & Khasiat

 

Tag: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: