RSS

Manfaat dan Khasiat Kapulaga

06 Okt

Rempah yang sering disebut dengan kapol, pelaga puwar, palago atau  karkolaka ini ternyata punya segudang manfaat. Tumbuhan ini kaya kandungan kimia yaitu minyak terbang sineol, terpineol dan alfaborneol, beta-kamper, protein, gula, lemak dan silikat.

Di Indonesia, Kapulaga bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional. Meskipun memiliki sifat rasa agak pahit, tumbuhan ini mampu memberikan efek kehangatan. Ekstrak Kapulaga dipakai sebagai obat terhadap flatulensi atau meteorismus (penimbunan gas dalam usus), kolik dan kelemahan.

Untuk memperoleh khasiatnya, Kapulaga ditumbuk halus bersama air dipakai sebagai obat gosok untuk penyakit encok. Ekstrak dari umbi akar dipergunakan sebagai obat demam.

Sementara bijinya dipakai sebagai bumbu untuk masakan dan kue. Bahkan biji Kapulaga juga dapat digunakan sebagai obat. Contohnya untuk mengobati kesulitan bernapas, mulut berbau (futor exore) dan untuk mengobati batuk dan gatal ditenggorokan setelah Kapulaga dipotong halus.

Dalam biji Kapulaga terdapat minyak kardamon yang mengandung terpineol, terpinylasetat, sineol, borneol dan sabinen, zat putih telur, calcium-oksalat dan silisium. Selain itu, tumbuhan ini juga mengandung minyak atsiri (alfaborneol dan betakamfer) yang berkhasiat untuk mengencerkan dahak, memudahkan pengeluaran angin dari perut, menghangatkan, membersihkan darah, menghilangkan rasa sakit, dan mengharumkan. Berbagai penyakit bisa disembuhkan dengan Kapulaga.

Kapulaga juga memiliki aroma bau sedap, sehingga orang Inggris menyanjungnya sebagai grains of paradise. Aroma sedap ini berasal dari kandungan minyak atsiri pada Kapulaga. Minyak atsiri ini mengandung lima zat utama, yaitu borneol yang berbau kamper seperti tercium dalam getah pohon kamper.
Kemudian kandungan alfa-terpinilasetat yang harum seperti bau jeruk pettigrain. Adapun limonen yang juga harum seperti bau jeruk keprok. Lalu alfa terpinen yang harum seperti jeruk sitrun. Kandungan lainnya yakni cineol yang sedap, agak pedas dan menghangatkan seperti minyak kayu putih.

Tak heran jika banyak orang yang memanfaatkan bijinya untuk ditaburkan kedalam segelas teh panas.

Selain aroma khasnya, ternyata banyak juga khasiatnya.

Bagian tumbuhan mana saja yang dapat dimanfaatkan dan bagaimana cara pembuatannya?

Untuk sakit kejang perut dan rematik, semua bagian tumbuhan ini termasuk akarnya direbus selama kurang lebih seperempat jam kemudin disaring, lalu airnya diminum.

Sementara penyembuhan sakit demam, bisa menggunakan batang yang direbus selama kurang lebih seperempat jam kemudian disaring, lalu airnya diminum.

Sakit batuk juga dapat disembuhkan dengan mengunyah buah Kapulaga. Sedangkan untuk mencegah mual, buah direbus dan dimakan. Bahkan untuk mengatasi bau badan, bisa dilakukan dengan merebus rimpang Kapulaga secukupnya dan diminum airnya.

Selanjutnya, untuk radang amandel, gangguan haid, kejang perut, obat kumur, influenza, radang lambung, sesak napas, badan lemah, buah Kapulaga direbus, lalu dimakan.

Juragan Jamu suplier bahan baku jamu/herbal terlengkap, murah dan berkualitas, kami dapat mensuplai berbagai jenis bahan baku jamu/herbal simplisia kering atau bubukan secara grosir maupun eceran…😀

LENGKAP,  MURAH dan BERKUALITAS, segala jenis bahan baku jamu tradisional indonesia (local) dan import…

info harga (call/sms): 0878 3877 8700 / 0852 2979 8700

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 6, 2012 in Manfaat & Khasiat

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: