RSS

Khasiat Klebet

30 Jan

klabetBiji tanaman bernama klabet mungkin bagi sebagian orang masih asing. Padahal, biji tanaman yang biasa dimanfaatkan untuk bumbu masakan Timur Tengah ini mempunyai banyak manfaat.
Tidak banyak orang yang pernah mendengar nama Klabet, padahal biji tanaman ini sudah dipakai sebagai salah satu rempah dalam berbagai jenis masakan, terutama masakan yang berasal dan Timur Tengah. Untuk membuat gulai kambing misalnya. biji klabet diramu bersama cengkeh, kayu manis, kapulaga, serai yang ditumbuk halus.
Sementara itu, yang perlu diperhatikan adalah penggunaan biji klabet dalam berbagai komposisi jamu Indonesia. Banyak ramuan jamu, terutama yang berasal dan P. Jawa, menggunakan klabet sebagai salah satu bahan.
Selain jamu yang diminum, ada pula ramuan untuk berendam yang memasukkan klabet sebagai salah satu bahan. bahkan sebagai obat luar untuk luka.
Banyak penelitian ilmiah yang dilakukan terhadap klabet, dan hasilnya memang menjanjikan. Barangkali faktor inilah yang menyebabkan biji klabet dipakai dalam ramuan jamu Jawa.

Khasiat
Klabet populer dengan sebutan fe nugreek dalam bahasa lnggris. Tanaman asalnya bernama ilmiah Trigo nella foenum graecum dan suku Legu minosae. Tanaman ini tumbuh subur dan luas di kawasan India, Mesir dan negara Timur Tengah.
Bagian yang dipakai terutama adalah biji yang bentuknya tidak beraturan dan berwana kuning muda. Di India, biji klabet terkenal dengan sebutan methi dan dipakai sebagai bumbu masak.
Biji ini juga dipakai dalam sistem pengobatan Ayurveda dari India, yaitu yang dipercayai dapat menimbulkan efek penurun kadar kolesterol darah pada binatang percobaan. Pemakaian dalam sistem pengobatan tradisional India, China, Arab yang luas adalah sebagai obat diabetes dan hiperkolesterol.
Khasiat lain yang tercatat adalah untuk mengatasi gangguan saluran cerna, seperti kembung, batuk, bronchitis, tenggorokan sakit, panas badan yang meningkat dan sariawan pada rongga mulut.
Orang India juga mencampur biji klabet dan yoghurt yang digunakan sebagai hair conditioner.
Saat ini banyak penelitian ilmiah yang sudah dilakukan untuk membuktikan khasiat untuk mengobati diabetes pada hewan percobaan. Hasilnya memang menunjukkan terdapatnya potensi itu walaupun tentu saja masih harus melalui pembuiktian secara lebih lanjut. Aktivitas anti radang ekstrak biji klabet pada tikus juga sudah dilaporkan.

Kandungan
Biji klabet mengandung karbohidrat sampai 60 persen, protein, minyak lemak. minyak atsiri, flavonoid, saponin dan kumarin. Ada hasil peneiltian yang menunjukkan bahwa khasiat menurunkan kadar gula darah di tunjukkan oleh kerja senyawa alkaloid tri-gonelline dan juga kumarin. Yang menarik ada peneliti yang berhasil mengisolasi senyawa diosgenin, yaitu yang merupakan bahan baku utama dalam produksi hormon steroid untuk program keluarga berencana.

Meningkatkan ASI
Khasiat biji klabet untuk melancarkan pengeluaran air susu ibu menarik sekali untuk dipelajari. Sejak tahun 1945, seorang peneliti Mesir melaporkan hasil penelitian yang membuktikan bahwa kiabet berkhasiat sebagai stimulator kuat bagi produksi air susu Ibu. Hingga kini belum diketahui mekanisme kerjanya, dan oleh sebab itu pemakaian untuk tujuan itu dianjurkan. Hal ini terutama karena diketahui bahwa klabet relatif aman bagi bayi yang sedang menyusui.
Efek samping yang mungkin terjadi adalah diare, dan kalau itu terjadi maka dianjurkan untuk menurunkan dosis pemakaian. Peneliti itu juga menganjurkan agar di samping mengonsumsi klabet, ibu juga harus rajin menyusui atau memompa air susunya.

Antikanker
Kanker mernang masih menjadi pembunuh manusia nomor dua di seluruh dunia. Pengobatan dengan sistem modern berpeluang menimbulkan efek samping yang makin memperburuk kondisi kesehatan umum penderita. Oleh sebab itu, dari waktu ke waktu terjadi peningkatan kebutuhan akan sistem pengobatan alternatif untuk mencegah dan menyembuhkan kanker.
Khasiat ekstrak biji klabet untuk antikanker telah mengundang minat peneliti, dimana hasilnya ternyata menggembirakan. Pada penelitian laboratorium yang menggunakan human acute T Lymphoblastic leukemia cell lines, diperoleh hasil bahwa telah terjadi penghambatan pertumbuhan sel, kematian sel dan perubahan morfologi sel. Hasil ini memang mendukung efek antikanker biji klabet terhadap cell line tersebut.

Dosis dan Cara Pemakaian
Klabet merupakan terna tahunan, tumbuh tegak, tinggi 30 cm sampai 60 cm. Daun berbentuk bundar telur terbalik sampai bentuk baji. Bunga tunggal atau sepasang, keluar di ketiak daun, mahkota berwarna kuning terang. Buah polong gundul, memanjang atau berbentuk lanset. Buah berisi 10 sampai 20 biji.

Di pasaran kita bisa membeli biji klabet yang kering. Karena rasa dan bau yang mungkin kurang disukai, biji itu dapat digerus menjadi serbuk untuk pemakaiannya. Serbuk itu dapat juga kita masukkan ke dalam kapsul. Dosis pemakaian berkisar antara 1- 6 g untuk tiga kali pemakaian dalam sehari.
Biji klabet juga dapat kita minum sebagai teh, yaitu dengan cara merebusnya untuk selanjutnya langsung disajikan air rebusannya. Orang Mesir gemar minum teh klabet, terutama pada musim dingin. Bagi pemula, disarankan untuk mengonsumsi dalam dosis minimal dan selanjutnya ditingkatkan sedikit demi sedikit.
Hingga sekarang tidak ditemukan efek samping yang signifikan akibat konsumsi klabet, namun ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Anda Berminat ?

Hub. 0878 38 778700

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 30, 2013 in Manfaat & Khasiat

 

Tag: , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: