RSS

Madu, Asli atau Palsu??

25 Feb

Berikut beberapa cara pengujian madu asli atau palsu :

  1. Pengujian secara ilmiah, antara lain : analisis karbon, analisis mikroskopis, analysis hydroxymethylfurfural, analisis polaritas cahaya dan terakhir tes keasaman. Dari lima cara tersebut, empat yang pertama harus menggunakan alat bantu yang cukup mahal harganya dan keahlian tertentu. Jadi, tidak semua orang bisa melakukannya. Sedangkan tes keasaman, merupakan tes yang terbilang relatif mudah dan tidak mahal. Tapi, masih tetap memerlukan pengetahuan tentang madu yang mendalam. Jika tidak, tetap akan sulit membedakan mana madu asli, madu campuran, dan madu buatan (artificial honey).
  2. Campurkan 4 tetes ; Yodium Tincture ke dalam 25 tetes madu kemudian kocoklah sampai rata. Bila warnanya berubah menghitam dipastikan madu tersebut palsu yang terbuat dari gula. Yang asli warna madu akan tetap seperti semula atau menjadi gelap kemerah-merahan.
  3. Aduklah sampai rata 3 sendok madu dalam segelas air biarkan selama beberapa waktu. Bila terdapat endapan butiran yang berwarna hitam maka madu tersebut palsu. Madu asli akan terlihat endapan butiran berwarna coklat muda kekuning-kuningan.
  4. Panaskan ½ sendok makan madu di atas lilin, bila madu asli setelah mendidih akan berbuih banyak dan akan tumpah. Madu palsu buihnya kecil-kecil dan tidak tumpah.
  5. Kocok madu dalam botol yang tidak terisi penuh selam 2 menit. Madu yang asli akan terdapat butiran gelembunng merata secara keseluruhan dan warna madu akan menjadi agak lebih muda (agak putih). Dan setelah dibiarkan beberapa waktu madu akan berubah kembali ke warna seperti semula dengan tetap berbuih.
  6. Madu alami memiliki pH 3,4-4,5 diatas atau dibawah itu berarti palsu.
  7. meneteskan madu di air di atas piring beling putih. Ketika piring digoyang ke kiri dan ke kanan, maka sebelum madu itu bercampur akan membentuk segi enam atau sarang lebah. Semakin lama bentuk segi enam itu bertahan, berarti semakin baik nutrisi yang terkandung dalam madu tersebut alias madu asli. Semakin cepat bentuk segi enam itu memudar, maka jelaslah itu madu campuran, karena nutrisinya sudah jauh berkurang.
  8. sama seperti cara no 7, namun piringnya tidak digoyang-goyang. Cukup didiamkan saja. Madu asli yang memiliki kadar air rendah tidak akan membuat air di piring menjadi keruh. Sedangkan madu yang telah dicampur atau madu buatan perlahan-lahan akan membuat air menjadi keruh.

Nah terkait anggapan bahwa semut tidak suka madu asli, berikut penjabarannya.

Pendapat ini adalah propaganda yang digembar gemborkan oleh para pemalsu madu. Pada dasarnya, sifat semut suka pada yang manis-manis, termasuk rasa manis yang ada pada madu. Namun, semakin kental madunya (kadar airnya sedikit) semakin sulit bagi semut untuk mendeteksi lokasi rasa manis madu tersebut karena molekul yang ada di dalam madu tetap utuh, tidak pecah. Sebaliknya, bila kadar airnya tinggi (di atas 20%), maka semut mudah menghampiri. Jadi tergantung jenis madu apa yang dimiliki serta kadar airnya.

 

Lalu apakah madu asli tidak dapat membeku???

Madu adalah zat cair kental yang memiliki kandungan air 17-25%, sehingga tergantung dengan kadar air pada madu yang ada di rumah anda juga… kalau madu tawon hutan yang memiliki kadar air dibawah 20% memang akan sulit beku disuhu freezer. Tapi ya semua tentu butuh pengujian untuk mengetahui kadar air madu anda. Karena jika sedang musim penghujan, madu hutan pun bisa beku dalam kulkas karena kadar cairan yang lebih banyak.

 

Allahu’alam

Semoga bermanfaat

info 0878 3877 8700 atau kunjungi web : juraganmadu.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 25, 2013 in Tips & Saran

 

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: