RSS

Rempah Dapur Untuk Kecantikan

10 Mei

rempah

rempah-rempah dan bumbu yang tersimpan di dapur ternyata bisa  dimanfaatkan untuk merawat kecantikan,,

MERICA

Sifat biji merica yang menghangatkan, melancarkan peredaran darah, dan berfungsi sebagai anti bakteri membuatnya cocok untuk dijadikan bahan scrub. Merica berguna untuk menyingkirkan blackheads atau komedo berwarna kehitaman yang membandel di permukaan kulit hidung dan dagu.

Campurkan satu sendok makan merica yang sudah digiling dengan satu sendok teh yogurt lalu oleskan pada permukaan kulit yang berkomedo. Cuci bersih wajah setelah tujuh menit. Sebaiknya gunakan merica yang digiling sendiri daripada merica bubuk yang dijual di pasaran, karena merica seperti itu biasanya sudah dicampur dengan tepung dan bahan lain.

Jahe

Jahe ternyata memiliki banyak kegunaan untuk merawat kecantikan, lho. Rimpang yang satu ini cocok untuk dijadikan skin tonic. Ia dapat menstimulasi sirkulasi di kulit dan mampu mengembalikan vitalitas kulit tanpa menyebabkan iritasi.
Oleskan irisan jahe segar di kulit yang sudah dibersihkan, terutama di bagian-bagian yang paling berminyak dan paling sering berjerawat seperti dahi, pipi, dan dagu. Diamkan selama 20 menit sampai cairan jahe meresap di kulit. Setelah itu bilas wajah sampai bersih.

cengkeh

cengkeh mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan dan bersifat anti mikroba. Cengkeh bahkan mengandung antioksidan paling tinggi jika dibandingkan dengan rempah-rempah lainnya.

Jika dioleskan di kulit, menurut Valori Treloar, seorang ahli dermatologi dari Massachusetts, cengkeh akan menjadi cleanser yang efektif untuk membersihkan kulit dari sisa makeup, kotoran, dan bakteri. Selain itu aromanya yang menenangkan bisa sekaligus berfungsi sebagai aromaterapi.

 

kunyit

Anda pasti sudah akrab dengan resep kecantikan tradisional seperti bedak dingin atau lulur yang dibuat dari kunyit. Bumbu dapur yang satu ini memang sudah lama dipercaya untuk merawat kecantikan dan kesehatan. Kunyit mengandung curcumin yang berfungsi sebagai anti kanker dan antioksidan. Selain itu dapat mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit dari zat-zat tak berguna yang menempel di permukaannya.

Paprika

Paprika kaya akan vitamin A dan C. Dua sendok teh bubuk paprika saja sudah mampu memenuhi 30 persen kebutuhan vitamin A dalam sehari. Vitamin A dan C merupakan antioksidan yang mencegah radikal bebas merusak kolagen di dalam kulit. Karena itulah rutin memakan paprika segar bisa membuat Anda awet muda.

Selain itu daging buah paprika juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi.

Buah Pala  

Pala mengandung bahan anti inflamatori yang dapat mencegah peradangan pada kulit. Karena itulah rempah yang satu ini dipercaya untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti kadas dan dermatitis.

Pala ternyata juga mampu mencerahkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat, lho. Campurkan bubuk pala dengan madu lalu oleskan pada bekas jerawat. Jika dilakukan dengan rutin bekas jerawat akan memudar.

Kayu manis

Kayu manis mempunyai efek menghangatkan, karena itu kadang dijadikan bahan balsem atau krim otot. Kayu manis dapat memperlancar peredaran darah dan dapat berfungsi sebagai anti bakteri. Oleskan bubuk kayu manis yang sudah dicampur dengan sedikit air ke kulit yang mengalami jerawat. Dalam beberapa hari jerawat tidak akan meradang dan cepat mengering.

Itulah tujuh bumbu dapur yang ternyata bermanfaat untuk kecantikan beserta khasiatnya. Sekali-sekali cobalah merawat wajah dengan bahan-bahan alami di atas dan rasakan manfaatnya

JuraganJamu jual berbagai jenis rempah kering atau bubuk

CS : 0878 3877 8700

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 10, 2014 in Uncategorized

 

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: