RSS

Tanaman Penyubur Rambut

22 Sep
rambutAda banyak tumbuh-tumbuhan yang dapat kita manfaatkan sebagai obat alami untuk penyubur rambut. Mulai dari yang berupa sayuran, minuman, buah-buahan sampai untuk bumbu dapur, pada kesemua bahan tersebut terdapat beberapa khasiat yang diantaranya adalah untuk penyubur rambut. Dan untungnya lagi, semuanya itu sering kita temui dan mudah untuk didapat.
Apa saja tumbuh-tumbuhan yang dapat menyuburkan rambut tersebut, adalah sebagai berikut :

Daun Kacang Panjang
Sering digunakan sebagai sayuran, daun kacang panjang juga bermanfaat untuk penyubur rambut. Daun Kacang Panjang sebagai penyubur rambaut adalah dengan menggiling halus segenggam daun kacang panjang yang telah dicuci bersih. Tambahkan dua sendok minyak kastor kedalam hasil gilingan tersebut sambil diremas-remas.
Pemakaiannya adalah dengan cara diusapkan merata kekulit kepala sambil dipijit-pijit.  Setelah itu dibungkus dengan handuk bersih selalama semalam dan keesokan harinya dibilas sampai bersih.
Daun Mangkokan
Daun Mangkokan juga sering digunakan sebagai sayuran dan sebenarnya juga memiliki khasiat untuk penyubur rambut. Masih dengan cara digiling sampai halus, segenggam daun mangkokan yang telah digiling halus tersebut kemudian dicampur dengan dua gelas air masak sambil diremas-remas untuk mengeluarkan cairan dari daun mangkokan dan lalu disaring. Air hasil remasan daun yang telah disaring tersebut kemudian diusapkan kekulit kepala secara merata sambil dipijit-pijit. Setelah itu dibungkus dengan handuk bersih selalama semalam dan keesokan harinya dibilas sampai bersih. juraganjamu.com
Air Teh
Disamping sebagai minuman, air teh juga berkhasiat untuk penyubur rambut. Caranya adalah, buatlah 1 cangkir teh kental dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, usapkan air teh tersebut kekulit kepala sambil dipijit-pijit. Lalu bungkuslah rambut dengan handuk bersih, dan bilaslah keesokan harinya sampai bersih.
 Daun Pare
Buah Pare sering digunakan sebagai sayur, namun daunnya juga bermanfaat untuk penyubur rambut. Caranya adalah dengan menghaluskan lima lembar daun pare yang dibershikan, kemudian diaduk dengan segelas  air matang, lalu diperas dan disaring. Air perasan yang sudah disaring tersebut, diusapkan kekulit kepala sampil dipijit-pijit. Lakukan selama 30 menit setiap harinya.
Berikut ini adalah beberapa tanaman berupa dedaunan yang bermanfaat untuk penubur rambut sbb :
 Daun Urang Aring
Daun urang aring lebih dikenal manfaatnya sebagai penghitam rambut, namun sebenarnya daun urang aring juga dapat dimanfaatkan untuk penyubur rambut. Penggunaannya adalah dengan menghaluskan beberapa lembar daun urang aring yang telah dicuci bersih. Lalu campurkan dengan dua gelas air matang dan kemudian diremas-remas sehingga mendapatkan air perasan yang sudah disaring. Hasil saringan tersebut diembunkan sampai keesokan hari, dan baru digunakan dengan sore harinya dengan cara diusapkan merata kekulit kepala sambil dipijit-pijit. Setelah itu rambut dibungkus dengan handuk bersih dan biarkan sampai keesokan harinya setelah itu rambut dicuci hingga bersih.
2. Biji Klerak
Biji klerak dapat digunakan sebagai penyubur rambut dengan cara merendam 10 sampai 12 biji klerak dalam segelas air panas dan biarkan beberapa saat hingga air rendaman tersebut dingin. Setelah itu, air rendaman biji klerak tadi diusapkan kekulit kepala sambil dipijit-pijit. Bungkuslah rambut dengan handuk bersih dan keesokan harinya  bilaslah hingga bersih.
 Air Kelapa
Disamping sebagai minuman segar, air buah kelapa muda, terutama buah kelapa hijau dapat dimanfaatkan untuk penyubur rambut. Caranya adalah dengan melobangi biji kelapa tersebut hingga tembus sampai keairnya, kemudian masukkan garam sebanyak satu sendok teh dan setelah itu didiamkan sampai besok pagi. Keesokan harinya, air kelapa yang telah dicampur aram tersebut disupakan kekulit kepala dan dipijit-pijit. Setelah itu, bungkuslah rambut dengan handuk bersih, dan keesokan harinya dibilas hingga bersih.
 Bayam
Selain sebagai sayuran, daun bayam juga dapat menyuburkan rambut dengan cara mencuci hingga bersih segenggam daun bayam dan kemudian ditumbuk hingga halus. Lalu diaduk dengan sambil menambahkan segelas air matang dan satu sendok makan madu. Kemudian daun bayam tersebut diperas dan disaring. Minumlah air perasan tersebut secara teratur 3 x sehari .
Minyak Kelapa dan Jeruk Melon.

Minyak kelapa memang terkenal banyak khasiatnya untuk kesehatan, dan begitu juga jeruk melon merupakan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin yang juga baik untuk kesehatan. Perpaduan keduanya menghasilkan khasiat yang berguna untuk penyubur rambut.
Pembuatan ramuan obat untuk penyubur rambut dengan memanfaatkan campuran minyak kelapa dengan jeruk melon adalah sebagai berikut :
Ambilah satu sendok makan  minyak kelapa dan satu buah jeruk melon. Jeruk melon dicuci hingga bersih dan kemudian diperas untuk mendapatkan airnya. Air jeruk perasan tersebut kemudian dicampur dengan satu sendok minyak kelapa dan diaduk sampai tercampur rata. Kemudain campuran tersebut dioleskan kekulit kepala secara merata sambil dipijit-pijit. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilaslah rambut sampai bersih.
 Kemiri

Lebih sering ditemukan didapur sebagai bumbu untuk penyedap masakan, buah kemiri juga memiliki khasiat sebagai penyubur rambut. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut :
Ambillah 5 – 6 biji kemiri, kemudian ditumbuk hingga halus sambil menambhakan air secukupnya hingga terbentuk adonan kental. Kemudian adonan tersebut dimasak  , hingga menggeluarkan minyak. Minyak inilah yang memiliki khasiat sebagai penyubur rambut. Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan minyak tersebut kekulit kepala secara merata sambi dipijit-pijit. Biarkan selama setengah jam supaya minyak tersebut meresap kekulit kepala dan akar rambut, kemudian bilaslah rambut hingga bersih. Pengobatan ini dapat dilakukan 3 kali seminggu untuk mendapatkan efek yang lebih baik.
Seledri

Selain sebagai bumbu, tumbuhan seledri baik batang maupun daunnya juga berkhasiat untuk penyubur rambut. Caranya adalah dengan membersihkan beberapa lembar daun dan tangkai seledri hingga bersih, dan seterusnya ditumbuk hingga halus. Hasil tumbukan tersebut dibalurkan kekulit kepala hingga merata sambil dipijit-pijit. Biarkan selama lebih kurang 30 menit agar khasiat batang fdan daun seledri tersebut meresap hingga akar rambut dan kemudian bilasl dan cucilah rambut hingga bersih. Lakukan hal ini secara rutin lebih kurang 3 kali seminggu, akan terasa khasiatnya bagi kesuburan rambut.
 Merang Padi 

Untuk kesehatan rambut dan menyuburkan rambut, merang padi dapat dimanfaatkan dengan cara mengaduknya dengan air jeruk nipis. Cara pembuatannya adalah dengan membakar segenggam merang padi hingga menjadi abu. Abu merang padi tersebut kemudian direndam dengan air bersih dan simpan ditempat yang sejuk hingga keesokan harinya (semalam). Keesokan harinya saringlah air campuran abu merang padi tersebut dan campurlah dengan air perasan jeruk nipis. Gunakanlah air ini untuk membilas rambut dan membersihkan kulit kepala.
 Madu

Sejak jaman dulu, madu dipercaya mengandung banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Dengan kandungan senyawa kimianya, madu banyak digunakan orang untuk pengobatan baik dengan cara diminum langsung maupun dicampur dengan bahan lain. Untuk menyuburkan rambut, madu dapat dimanfaatkan dengan cara mengoleskan madu tersebut langsung kekulit secara merata kepada sambil dipjit-pijit dengan lembut. Setelah itu biarkan selama 30 menit dan kemudain bilaslah rambut hingga bersih.
juraganmadu.com
 Tali Putri

Tali Putri banyak kita temui disemak belukar, memili khasiat sebagai penyubur rambut. Caranya adalah dengan mengambil beberapa lembar daun tali putri, bersihkan dan tumbuklah hingga mengeluarkan getah. Getah inilah nantinya yang akan dimanfaatkan untuk penyubur rambut dengan cara mengoleskannya kekulit kepala hingga merata sambil dipijit lebut. Biarkan selama lebih kurang 30 menit supaya cairannya meresap keakar rambut, kemudian bilaslah rambut hingga bersih.
semoga bermanfaat…
juragan jamu – suplier bahan baku jamu dan herbal – 0878 3877 8700
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 22, 2014 in Tips & Saran

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: