RSS

Jamur Superior “Lingzhi”

25 Sep

manusia telah mengenal jamur sebagai jenis makanan dan obat-obatan. Untuk makanan ada beberapa spesies yang telah banyak dikonsumsi seperti jamur tiram, jamur kuping, jamur shitake dan jamur merang. Sedangkan Jamur Lingzhi dikenal sebagai obat yang sangat berkhasiat.

Jamur Lingzhi dalam sistem Tatanama Binomial Numenclature ciptaan Carollaus Linnaeus, adalah sebagai berikut:

Kerajaan: Fungi

Filum: Basidiomycota

Kelas: Agaricomycetes

Ordo Polyporales

Family Ganodermataceae

Genus Ganoderma

Spesies Ganoderma lucidum

Menurut sejarah Cina , ling zhi ditemukan oleh seorang petani bernama Seng Nong. Dalam buku Pengobatan Herbal Tiongkok yang ditulis tahun 56 SM, jamur kayu ini tercantum sebagai bahan obat nomor satu dari 365 bahan obat lainnya –termasuk ginseng. Pada zaman Dinasti Shu, sekitar 2400 tahun lalu, ling zhi hanya dikonsumsi untuk pengobatan para maharaja dan bangsawan di negeri Cina. Pada masa itu, ling zhi masih langka. Lingzhi masuk dalam kategori “superior” karena dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, mampu menjaga dan mengembalikan keseimbangan tubuh, dan aman dikonsumsi dalam jangka panjang tanpa efek samping.

Lingzhi dapat tumbuh pada pohon-pohon yang tua dan lapuk, atau pohon yang telah mati. Berbentuk seperti payung tidak sempurna, bertangkai relatif pendek dibandingkan dengan tubuh buah (payung)-nya yang berdiameter hingga 30 cm. Bentuk payungnya setengah lingkaran mirip ginjal, dengan ketebalan bervariasi antara 2-5 cm.

Kandungan utama lingzhi adalah protein, polisakarida (ganodelan A, ganodelan B, dan beberapa jenis glukans), triterpenoid (asam ganodermik, ganodermadiol, dan 110 macam lainnya) yang strukturnya mirip hormon steroid, juga germanium, ergosterol, coumarin, mannitol, alkaloid, asam lemak tak jenuh, adenosin, dan berbagai vitamin (B, C, D) serta mineral (natrium, kalsium, seng, besi, fosfor).

Kandungan Nutrisi Ling Zhi

Nutrisi Jumlah(%)
Karbohidrat 43
Protein 26.4
Lemak 4.5
Abu 19.0
Air 6.9

Kandungan Mineral dan Vitamin Ling Zhi

Komponen Jumlah(mg/100 g bahan)
Fosfor 4,150
Kalium 3,590
Magnesium 1,030
Kalsium 832
Natrium 735
Zat Besi 82,6
Niacin 61,90
Vitamin B2 17,10
Vitamin B1 3,49

Dari berbagai penelitian yang dilakukan di berbagai negara, ling zhi berkhasiat sebagai herbal anti- diabetes , anti- hipertensi , anti- alergi , antioksidan , anti-[inflamasi], anti- hepatitis , analgesik , anti- HIV , serta perlindungan terhadap liver , ginjal , helingzhimoroid atau wasir , anti- tumor , dan sistem imunitas (kekebalan tubuh).

Jamur ini tumbuh sebagaimana jamur yang lain, hanya saja masa panennya lebih lama. Kalau jamur tiram hampir tiap hari panen, jamur lingzhi bisa sebulan sekali baru bisa dinikmati hasilnya. Oleh karena itulah, harga jamur ini jauh lebih mahal dibanding jamur tiram.

Sumber : wikipedia

juraganjamu jual jamur lingzhi.. info : 0878 3877 8700

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 25, 2014 in Manfaat & Khasiat

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: