RSS

Fakta Spons Laut

02 Okt

sponsSpons laut memiliki potensi bioaktif yang sangat besar. Selama 50 tahun terakhir telah banyak kandungan bioaktif yang telah ditemukan. Kandungan bioaktif tersebut dikelompokan beberapa kelompok besar yaitu antiflammantory, antitumor, immunosuppessive, antivirus, antimalaria, antibiotik, dan antifouling

Spons merupakan biota laut potensial untuk menghasilkan senyawa bioaktif. Porifera mampu menyaring bakteri untuk dimanfaatkan sebagai makanan dan dicerna secara enzimatik. Senyawa bioaktif yang dimiliki oleh porifera kemungkinan bermanfaat dalam proses pencernaan, sehingga senyawa bioaktif yang diperoleh diperkirakan bervariasi sesuai dengan kebiasaan makan masing-masing jenis porifera.

Porifera menghasilkan metabolit primer dan metabolit sekunder sebagai hasil dari proses metabolisme. Pembentukan metabolit ini dipengaruhi oleh faktor lingkungan, dimana diasumsikan bahwa pada kondisi lingkungan yang berbeda, spesies yang sama belum tentu memiliki kandungan metabolit yang sama. Metabolit ini memiliki manfaat yaitu sebagai chemical defense untuk melindungi dirinya terhadap serangan lingkungannya, dengan kata lain untuk mempertahankan hidupnya dari serangan predator. Manfaat untuk manusia, sebagai substansi bioaktif untuk obat-obatan, makanan kesehatan dan kosmetik.

Porifera memiliki potensi yang bermanfaat bagi kehidupan dari kandungan kimia yang dimiliki oleh tubuhnya. Beberapa bahan kimia ini telah ditemukan memiliki efek farmasi bermanfaat bagi manusia, termasuk senyawa untuk obat pernapasan, kardiovaskular, gastrointestinal, anti inflamasi, antitumor, dan antibiotik. Setiap jenis porifera juga tersusun oleh kandungan kimia yang berbeda. Misalnya Porifera kapur, Porifera jenis ini kerangka tubuhnya terbuat dari bahan kristal zat kapur atau CaCO3 dan Porifera silikat, Porifera jenis ini kerangka tubuhnya terbuat dari bahan kristal silikat H2 Si3 O7, kristal-kristal yang berbentuk seperti duri, bintang, mata kail, jangkar dan lain-lain yang biasa disebut specula itu merupakan hasil bentukan atau sekresi dari sel-sel scleroblast.

Spon laut Acanthodendrilla sp. Tergolong dalam  filum: porifera, kelas: demospongiae, ordo: dictyoceratida, family: irciniidae, genus: Acanthodendrilla. Kandungan kimia dari spon laut Acanthodendrilla sp adalah Acanthosterol, terdapat 10 derivat Acanthosterol yang merupakan steroid sulfat dan berkhasiat sebagai anti mikroba.

Spons dapat memproduksi racun dan senyawa lain yang digunakan untuk mengusir predator, kompetisi dengan hewan sesil lain  dan untuk berkomunikasi dan melidungi diri dari infeksi.  Lebih dari 10 % spons memiliki aktifitas citotoksik yang dapat yang berpotensial untuk bahan obat-obatan.

Pada spons juga telah ditemukan berbagai senyawa yang dapat digunakan sebagai campuran obat seperti senyawa antitumor, antivirus, antibakteri, antijamur, antifouling, antimalaria dan lain-lain.

Pada spons terdapat populasi mikroorganisme simbion. Simbion tersebut seperti  archaea bakteria, sianobakteri, dan mikroalgae. Mikrooranisme tersebut merupakan sumber metabolit sekunder. Sebagai contoh, antibiotik polybrominated biphenyl ether yang diisolasi dari Dysidea herbacea sebenarnya dihasilkan oleh endosimbiotik sianobakterium. Fungi yang berasosiasi dengan spons diketahui pula menghasilkan senyawa bioaktif.

Pada beberapa jenis spons dari genus Aaptos mengandung metabolit sekunder dari golongan alkaloid yaitu aaptamine dan aaptosin pada fraksi methanol. Secara umum pada spons ditemukan kelompok senyawa pada fraksi non polar seperti senyawa terpenoid, senyawa steroid, dan asam lemak. Spons Aaptos Sp. Pada fraksi polar banyak mengandung senyawa alkaloid yang memiliki aktivitas antitumor, antimicrobial, antivirus, dan lain-lain. Spons dari jenis Heliclona Sp. Pada fraksi n-Heksana banyak mengandung senyawa dari golongan steroid.

Steroid dari sponge merupakan kelompok bahan senyawa bahan alam yang di biosintesis melalui jalur asam mevalonat sebagai hasil modifikasi senyawa triterpen.

Terbuat dari apa mereka?

Sea fakta spons tentang tubuh mereka aneh juga karena mereka tidak bergerak dan tidak dapat menghindari predator. Tubuh mereka terbuat dari dua lapisan dan lapisan jelly-seperti di antara yang disebut mesohyl. Mereka membuat struktur duri atau berbulu disebut spikula, terbuat dari mesh protein, spongil dan kalsium karbonat, sebagai pertahanan terhadap predator.

 

Apa yang Mereka Makan dan Bagaimana?

Salah satu fakta menarik adalah tentang makan mereka. Ini spons laut sangat berwarna menempatkan diri mereka di bawah air sedemikian rupa sehingga mereka memiliki dasar yang solid untuk menahan dan tumbuh pada dan berlimpah makanan. Tapi apa yang mereka makan? Dan bagaimana mereka makan itu? Seperti spons mandi Anda memiliki lubang, begitu juga spons laut. Lubang atau pori-pori yang dikenal sebagai ostia. Mereka biasanya hanya menyaring air laut atau laut dengan bernapas masuk dan keluar dari pori-pori ini dan mengambil dalam bakteri apapun, plankton yang akan berfungsi sebagai makanan, dan oksigen melalui kanal dibagi rapi. Jumlah air yang melewati dalam sehari adalah raksasa – sekitar 20.000 kali lipat volume sendiri. Jadi spons laut beberapa, mungkin bisa menyaring laut dalam sehari. Beberapa spons laut telah menjadi karnivora karena kurangnya makanan yang mereka akan makan sebaliknya. Mereka datang dari Cladorhizidae keluarga. Ini spons karnivora memakan krustasea kecil.

Gadis atau anak laki-laki?

Fakta lain adalah bahwa Anda tidak bisa membedakan mana salah satu dari mereka akan agak warna biru dan yang satu pink. Karena mereka hermafrodit yang berarti mereka dapat memiliki karakteristik laki-laki dan perempuan. Spons laut melepaskan sperma mereka di dalam air untuk mengapung di arus laut. Jika mereka kemudian diserap oleh spons laut lain dengan cara jika sel-sel leher nya, pembuahan berlangsung dalam spons dan larva yang dikeluarkan ke dalam air. Ini memiliki silia atau rambut kecil untuk mendorong diri mereka sendiri dan akhirnya menemukan tempat yang baik di dasar laut, kondusif untuk pertumbuhan mereka. Beberapa spons laut aseksual dan menghasilkan gemmules dan tunas, putuskan untuk dan menetap di tempat lain untuk membentuk tiruan dari orang tua mereka.

Unbreakable!

Fakta lain dari spons laut adalah bahwa jika Anda adalah untuk istirahat spons laut menjadi dua, air, sel-sel akan merekonstruksi sendiri dan membawanya kembali bersama-sama.

Spons Jauhi Beberapa Penyakit

Spons laut memiliki banyak yodium di dalamnya sebagai liter air laut akan memiliki, yang membuat mereka, sejak zaman dahulu di zaman Yunani, Romawi dan abad pertengahan, yang berguna untuk tujuan pengobatan. Yodium memiliki efek antiseptik dan antibakteri pada luka dan bekas luka sehingga spons laut yang digunakan secara luas untuk menyembuhkan mereka. Para ilmuwan telah diambil untuk meneliti spons laut karena sifat anti-kanker. Mereka juga digunakan dalam pembuatan obat-obatan untuk asma.
Berbagai jenis spons adalah Sponge Tube, Vas Sponge, Sponge Kuning, Merah Pohon Sponge, Laut Teteskan umum dan Berkulit Painted.
Namun satu fakta lebih dari spons laut adalah bahwa lumba-lumba telah dikenal untuk menggunakan spons laut dalam rangka untuk berburu ikan yang bersembunyi di lantai laut dan untuk melindungi hidung mereka sementara melakukannya.
juraganjamu.com – suplier bahan baku jamu dan herbal
CS : 0878 3877 8700
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 2, 2014 in Manfaat & Khasiat

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: