RSS

Sebab dan Obat Alami Asam Urat

03 Okt

asam uratApa itu Penyakit Asam Urat?

Dalam istilah medisnya penyakit ini disebut dengan nama gout merupakan yaitu penyakit yang disebabkan oleh adanya penumpukan asam urat berlebih di dalam tubuh yang tidak mampu tidak mampu dikeluarkan oleh ginjal sehingga menyebabkan kristal asam urat menumpuk di bagian persendian tubuh kita.

Apa Penyebab Penyakit Asam Urat?

Hal yang dapat menyebabkan penyakit asam urat diantaranya yaitu karena terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi. Apa itu Purin?

Purin merupakan salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel) dan termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein. Zat purin dapat ditemukan di semua sel-sel tubuh dan hampir dalam setiap jenis makanan.

  • Peningkatan produksi asam urat dalam tubuh juga dapat disebabkan oleh obat – obatan, obesitas (kegemukan), hipertensi, hiperlipidemia, dan diabetes mellitus.
  • Banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar zat purin yang tinggi
  • Selanjutnya zat purin ke masuk dalam tubuh, dan setelah itu zat purin tersebut akan diubah menjadi asam urat dalam proses metabolisme.
  • Jika kadar asam urat di dalam tubuh mengalami peningkatan, akibatnya ginjal tidak akan mampu untuk membuang kelebihan asam urat.
  • Akibatnya kristal asam urat yang berlebih menumpuk di persendian.
  • Yang akhirnya dapat menyebabkan rasa nyeri pada sendi, sendi membengkak, panas bahkan kaku.
Pada kejadian kasus yang parah, penderita asam urat sampai tidak dapat berjalan karena pada persendian terasa sangat sakit sekali jika bergerak. Tulang sekitar sendi juga dapat keropos dan mengalami pengapuran tulang.

makanan yang perlu dhindari dan dipantang oleh penderita asam urat adalah

a. Sayuran, seperti daun bayam, kangkung, daun singkong, daun jambu mete, asparagus, buncis dan kembang kol.

b. Buah-buahan seperti durian, alpukat, nanas dan air kelapa.

c. Makanan atau lauk pauk seperti jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak. Makanan laut berupa udang, kerang, cumi dan kepiting. Makanan kaleng berupa kornet, sarden dan ekstrak Selain itu, juga perlu dihindari daging, telur, kaldu atau kuah daging yang kental.

d. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, tempe, tauco, tauge, oncom, susu kedelai dan emping mlinjo.

e. Minuman dan makanan beralkohol seperti bir, wiski, anggur, tape dan tuak.

Tips Mengatasi Penyakit Asam Urat

Adapun beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan menyembuhkan asam urat adalah sebagai berikut :
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti pisang, kentang dan lain sebagainya
  • Konsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C, seperti jeruk, strawberry, pepaya dsb.
  • Adapun Jenis buah dan sayuran yang dapat mengobati penyakit asam urat misalnya: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi , serai dsb.
  • Perbanyak konsumsi makanan berkarbohidrat seperti nasi, singkong, ubi dsb.
  • Kurangi konsumsi makanan seperti gula, permen, arum manis dsb.
  • Jangan terlalu sering minum aspirin jika sakit kepala
  • Hindari bekerja terlalu keras hingga mengakibatkan kelelahan
  • Untuk anda yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran sedikit, menurunkan berat badan bisa menjadi solusinya diantanya dengan rajin melakukan olahraga yang cukup atau
  • Akan lebih baik lagi jika asupan energi disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, misalnya berdasarkan tinggi dan berat badan anda

Obat untuk menyembuhkan asam urat dipasaran sangatlah banyak, namun setiap obat yang anda minum pasti ada efek sampingnya. Tidak ada salahnya apabila mulai saat ini anda beralih pada obat tradisional,

Tanaman Obat atasi asam urat antara lain:

1. Kumis Kucing (orthosiphon aristatus)

Tanaman ini memang sangat dikenal sebagai tanaman obat yang mujarab, salah satunya kandungan yang ada pada tanaman ini seperti garam kalium dapat dimanfaatkan sebagai menghancurkan batu saluran kencing. Namun sifat diuretik yang ada pada tanaman ini juga sangat mujarab untuk membuang kelebihan asam urat yang dibuangnya melalui urine.

2. Daun Salam

Walaupun daun salam sering dikenal masyarakat sebagai bumbu dapur, namun taukah anda, bahwa pada daun salam menyimpan senyawa minyak atsiri, flavonoid dan tannin yang dapat bermanfaat sebagai tanaman obat asam urat dan kolesterol.

3. Sambiloto

Tanaman yang berasal dari India, yang lebih dikenal dengan sebutan kayu mas, lang, papaitan, bidara, ki peurat dan lain sebagainya. Tanaman ini juga mengandung senyawa seperti alkane, flavanoid, aldehid, keton dan juga mineral seperti kalium, natrium, dan kalsium ini dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat asam urat.

4. Meniran

Pada tanaman ini dipercaya sebagai obat penambah daya tahan tubuh. Dan karakter deureti yang ada pada tanaman ini yang mampu mengobati asam urat.

5. Tanaman Anting-anting

Ataupun tanaman yang lebihg dikenal dengan nama Akar Kucingan/ Rumput Kokosan. Tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai anti radang, pembersih hati, penambah nafsu makan, dan lain-lain. Pada tanaman ini juga memiliki karakter deuretik, sehingga mampu membantu dalam penyembuhan asam urat.

Demikianlah beberapa tanaman obat asam urat, yang dapat anda pilih sebagai alternatif pengganti obat. Selain anda tidak perlu mengeluarkan biaya, dengan memilih alternatif ini maka anda juga akan terhindar dari segala efeksamping yang terjadi apabila anda menggunakan obat. Jadi tidak ada salahnya anda lebih memilih menggunakan pengobatan tradisional.

semoga bermanfaat..
juraganjamu – suplier bahan baku jamu dan herbal –
menyediakan berbagai jenis tanaman obat kering dan bubuk
info lengkap hub. CS: 0878 3877 8700
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 3, 2014 in Artikel Penyakit

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: