RSS

Manfaat Daun Mint bagi Kesehatan

04 Okt

daun-mintDaun mint merupakan tanaman herbal yang sudah digunakan selama berabad-abad untuk pengobatan tradisional. Tanaman ini bisa ditemukan tumbuh liar di sepanjang tepi sungai atau tepi jalan dan juga di hutan. Daun mint ini dapat memberikan sensasi dingin yang menyegarkan yang memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh Anda.
Saat ini daun mint dimanfaatkan untuk berbagai hal, contohnya untuk campuran pasta gigi yang membuat aroma segar dan dingin ketika menggosok gigi. Selain itu kandungan antiseptic didalam daun mint membuatnya sangat bermanfaat untuk gigi sehingga gigi lebih sehat, terhindar dari bakteri dan gigi berlubang. Lalu apakah itu saja manfaatnya? Tentu saja tidak.

Berikut ini beberapa manfaat dari daun mint bagi kesehatan :

Mampu Mengatasi Hidung Tersumbat
Kandungan mentol yang ada di daun mint membuatnya mampu melegakan pernapasan termasuk ketika Anda mengalami hidung tersumbar karena pilek atau alergi. Caranya bisa dengan mencium aroma daun mint saja.

Mengobati Sakit Kepala
Jika Anda mengalami sakit kepala, Anda bisa meredakannya dengan cara memijat kepala dengan minyak mint. Minyak yang terbuat dari daun mint tersebut dapat meringankan rasa sakit di kepala. Selain itu dengan menghirup aroma mintnya bisa mengurangi rasa sakit dikepala.

Mengatasi Gatal
Jika Anda mengalami gatal-gatal Anda bisa mengatasinya dengan daun mint. Krim yang dibuat dari daun mini bisa digunakan mengobati gaal dan ruam di kulit. Selain itu krim ini juga bisa menenangkan kulit yang terluka atau infeksi.

Mengatasi Mual dan Gangguan Pencernaan
Manfaat daun mint lainnya adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti masalah usus dank ram karena menstruasi. Selain itu daun mint juga bisa memberikan efek relaksasi di perut. Kemudian berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 1997 yang diterbitkan oleh Journal of Advanced Nursing menunjukkan bahwa efek daun mint sebagai obat anti mual pasca-operasi.

Mengatasi Nyeri Otot
Daun mint yang diproduksi menjadi minyak bisa digunakan untuk memijat. Minyak mini ini bisa meredakan nyeri otot dan rasa sakit.

manfaat daun mint

Heartburn
Heartburn merupakan rasa panas di dada sehabis makan atau tidur. Keadaan ini disebabkan karena makanan yang sudah berada di dalam lambung terdesak ke arah kerongkongan sehingga timbul iritasi pada dinding kerongkongan karena makanan sudah tercampur dengan asam lambung yang bersifat asam.

Untuk meringankan Gejala Heartburn bisa menggunakan Daun Mint karena  sifat antispasmodic dan mampu meningkatkan aliran cairan pencernaan melalui sistem pencernaan sehingga mampu meringankan gejala Heartburn. Tapi yang perlu Anda perhatikan adalah dosis yang digunakan tidak berlebihan karena bisa menimbulkan gejala maag. Sebaiknya diminum tidak lebih dari tiga atau empat cangkir teh setiap harinya.

Nafas Tidak Sedap
Bau napas memang cukup mengganggu, jika Anda mengalami hal ini, coba atasi dengan menggunakan mint. Teh mint yang terbuat dari daun mint efektif untuk menyingkirkan bakteri penyebab bau mulut. Mint juga mampu merangsang produksi air liur sehingga dapat menjaga kelembaban mulut.

Mampu Mengendalikan stress
Aroma yang dikeluarkan oleh daun mint dapat meringankan gejala stres yaitu dengan menginduksi rasa tenang.

Mencegah kanker
Zat alami Phytonutrient yang terdapat di daun mint dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker seperti kanker paru-paru, kanker kulit, dan kanker usus besar.

Meningkatkan kesehatan mulut
Seperti yang telah disebutkan diatas, daun mint bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut sehingga tak heran jika banyak produsen yang memasukkan mint kedalam campuran pasta gigi. Daun mint kaya akan bahan alami yang dapat mencegah karies gigi, bau mulut, dan dapat memutihkan gigi.

Menghilangkan Jerawat
Untuk menghilangkan jerawat adalah dengan mengolesi wajah Anda dengan campuran daun mint dengan air mawar yang dihaluskan. Biarkan selaama 20 menit lalu cuci bersih. Lakukan ini secara rutin agar hasil lebih maksimal.

Mengatasi Tumit Kasar
Jika tumit Anda kasar cobalah atasi masalah ini dengan merendam kaki kaki ke dalam air hangat yang sudah dicampur dengan daun mint. Dengan cara ini kulit kasar yang ada di tumit bisa hilang secara berlahan.

Mengatasi kutu rambut
Kutu rambut sering mengganggu karena rambut terasa gatal dan kepala merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi kutu anda bisa menggunakan minyak mint setidaknya 3-4 kali dalam seminggu. Selain mengurangi rasa gatal juga bisa menghilangkan kutu rambut.

Menghilangkan bekas gigitan nyamuk
Sifat inflamasi yang terdapat pada daun mint bisa membantu mengatasi bekas gigitan nyamuk. Rasa gatal yang ditimbulkan gigitan nyamuk tersebut bisa dihilangkan dengan menempelkan daun mint di bagian yang digigit.

selamat mencoba.

 

juraganjamu – suplier bahan baku jamu/herbal

menyediakan berbagai jenis tanaman obat kering/bubuk

info hub. CS : 0878 3877 8700

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 4, 2014 in Manfaat & Khasiat

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: