RSS

Manfaat Khasiat Daun Legundi

04 Okt

 

LEGUNDIVitex trifolia ini tersebar di seluruh Indonesia. Nama daerahnya beragam. Misalnya langgundi (Minang), Gandasari (Palembang), lagondi (Sunda), legundi (jawa), sangari (Bima), laura (Makasar), dan lawarani (Bugis).

Ia merupakan perdu bercabang banyak, tinggi 2-5 m. menyebarkan aroma seperti rempah. Bunga berwarna putih keunguan, buah cokelat. Biji kecil, cokelat. Rasanya pahit, panas, dan menyengat. Tumbuh liar di tanah berpasir, gersang, atau di timbunan sampah hingga ketinggian 1000 m dpl.

Tanaman ini memiliki kandungan kimia, seperti minyak atsiri, L-pinen, Kamfen, Terpenil asetat, Diterpena alkohol, Mavonoid, Aukubin, Agnusit, Kastisin orientin, Iso orientin, Luteolin 7-glukosida. Manfaat Legundi, sebagai tanaman herbal,  memiliki khasiat untuk obat analgesik,  driuretik, diaforetik, antiperik, karminatif, insektisit, dan antelmintik

Legundi yang mudah ditemui banyak digunakan orang untuk obat herbal berbagai macam penyakit, seperti batuk, rahim membesar, nyeri limpa, dan cacing. Bahkan konon legundi juga sering digunakan untuk pengobatan penyakit asma. Dalam sebuah penelitian minyak legundi dapat melindungi marmot dari gigitan nyamuk Aedes aegypti selama waktu tertentu.

Ada resep secara herbal:

penyakit batuk

untuk penyakit batuk, dan sering digunakan secara turun temurun. Pembuatannya tidak sulit. Kita juga takkan susah untuk mendapatkan bahannya. Resep tersebut adalah campuran daun legundi 5 g, rimpang kencur 6 g, rimpang kunyit 6 g, dan air 115 ml. Campuran tersebut dibuat infus, diminum 1 kali sehari 100 ml.

obat cacing

kita memerlukan 15 gram daun legundi.  Kemudian bahan herbal tersebut  direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Jangan lupa, pastikan dulu daun yang akan direbus tersebut masih dalam keadaan segar. Setelah dingin, diperas dan disaring. Hasil saringan diminum sekaligus.

rahim membesar

dibutuhkan daun legundi 1 genggam. Terus campuran tanaman herbal lainnya seperti rimpang temu hitam 6 g, dan air 110 ml.  Dibuat infus. Diminum 1 kali sehari 1 ramuan.

nyeri limpa

Daun legundi juga bisa mengurangi nyeri limpa. Sediakan segenggam daun legundi. Bahan herbal tersebut campur dengan cuka sedikit, haluskan, lalu tempelkan pada bagian perut sebelah kiri.

Informasi tersebut mudah-mudahan bermanfaat. Tapi sebelum Anda tertarik untuk mencobanya, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan ahlinya..

 

juragan jamu – suplier bahan baku jamu dan herbal

menyediakan (jual) daun legundi kering/bubuk

info hub CS: 0878 3877 8700

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 4, 2014 in Manfaat & Khasiat

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: