RSS

Manfaat Tanaman Sidaguri

07 Okt
sidaguriDi Indonesia tanaman sidaguri belum terlalu banyak dibudidayakan oleh karenanya tanaman sidaguri masih banyak tumbuh secara liar di pinggir-pingir jalan, pinggir selokan, pinggir sungai serta di daerah-daerah ladang yang tak terurus. Proses regenerasi tanaman sidaguri terjadi secara alami yaitu dengan cara tumbuh tunas-tunas baru dari kecambah yang dihasilkan tanaman induknya. Proses regenerasi tanaman sidaguri juga terjadi melalui bantuan angin yang membawa kecambah-kecambah tsb untuk tumbuh dan berkembang di tempat lain.

 

Nama ilmiah dan nama daerah tanaman sidaguri

Tanaman daun sidaguri memiliki nama ilmiah (nama latin) Sida rhombifolia Linn, namun selain nama ilmiah tanaman sidaguri juga memiliki nama-nama lokal di daerah. Orang Jawa sudah biasa menyebut tanaman ini dengan nama sadagori, sidaguri, otok-otok, taghuri, sidagori. Di daerah Maluku tanaman ini dikenal dengan sebutan hutu gamo, bitumu, digo, sosapu. Di daerah Nusa Tenggara orang lebih mengenalnya dengan nama kahindu, dikira. Masyarakat Sumatera mengenal tanaman ini dengan sebutan guri, sidaguri, atau saliguri.

Kandungan kimia tanaman sidaguri yang terdapat pada daun, batang dan akarnya

Apa sajakah zat kimia yang terdapat dalam kandungan tanaman sidaguri sehingga tanaman ini banyak dipergunakan sebagai tanaman obat tradisional di masyarakat.

1. Kandungan daun tanaman sidaguri

Pada bagian daun tanaman sidaguri terdapat kandungan alkaloid, kandungan kalsium oksalat, kandungan tannin, kandungan saponin, kandungan fenol, asam amino serta terdapat kandungan minyak atsiri.

2. Kandungan batang  tanaman sidaguri

Pada bagian batang tanaman sidaguri ditemukan adanya kandungan kalsium oksalat serta terdapat kandungan tannin.

3. Kandungan akar tanaman sidaguri

Pada bagian akar tanaman sidaguri ditemukan adanya kandungan alkaloid, kandungan steroid serta kandungan ephedrine.

Manfaat Sidaguri Untuk Kesehatan

Sidaguri memiliki rasanya yang  manis, pedas, sifatnya sejuk, masuk meridian jantung, hati, paru-paru, usus besar, dan usus kecil. Seluruh bagian tanaman dapat digunakan sebagaia obat. Pada pengobatan tradional, Sidaguri sering digunakan untuk mengobati penyakit asam urat dan rematik. Selain itu herbal ini juga dapat mengobati Influenza, demam, radang amandel (tonsilitis), difteri, TBC kelenjar (scrofuloderma),radang usus (enteritis), disentri, sakit kuning (jaundice), malaria, batu saluran kencing, sakit lambung, wasir berdarah, muntah darah, terlambat haid, dancacingan. Khusus untuk akarnya, digunakan untuk mengobati influenza, asma, sakit gigi, sariawan, disentri, susah buang air besar/sembelit dan rematik. Sedangkan bunga Sidaguri digunakan sebagai pengobatan luar untuk Gigitan Serangga.

Pengolahan Sidaguri Secara Tradisional

Herba kering (15-30 g) atau herba segar (30-60 g), di rebus dan diminum airnya. Jika menggunakan akar, dosisnya 10-15 g, atau menggunakan takaran besar sebanyak 30-60 g, rebus, Ialu minum airnya.

Untuk pemakaian luar, herba segar atau akar yang telah digiling halus, kemudian ditempelkan bagian tubuh yang sakit, seperti bisul, koreng, TBC kelenjar, gigitan ular. Selain itu, bisa juga direbus, kemudian airnya digunaka untuk mencuci ekzema pada kantung buah zakar atau untuk mandi pada cacar air.

Khasiat dan manfaat tanaman sidaguri sebagai penyembuh penyakit asam urat

Sifat-sifat biologi yang dimiliki tanaman sidaguri adalah tanaman ini mempunyai sifat dan karakteristik sebagai anti radang, mempunyai sifat anti inflamasi, mempunyai sifat deuretik serta analgesik. Pada kebiasaan masyarakat dahulu tanaman sidaguri secara tradisional sering digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit yang sering diderita oleh masayarakat waktu itu, seperti untuk mengobati penyakit rematik, demam, disentri, bisul, ketombe serta membasmi keberadaan cacing kremi di dalam perut. Namun seiring dengan terjadinya perkembangan jaman pada masyarakat moderen seperti sekarang ini tanaman sidaguri banyak dimanfaatkan dan dipercaya oleh masyarakat sabagai tanaman obat tradisional alami yang berkhasiat untuk mengobati keluhan penyakit asam urat.

Cara mengolah tanaman sidaguri untuk mengobati penyakit asam urat

Cara pengolahan tanaman sidaguri sebagai obat tidaklah terlalu susah, untuk keperluan mengobati penyakit asam urat biar proses penyembuhan lebih maksimal lebih baik mengambil bagian batang dan akarnya untuk diolah menjadi ramuan, hal ini dikarenakan kandungan zat-zat berkhasiat yang berfungsi untuk menghadang asam urat lebih banyak teradapat pada bagian batang dan akarnya.

Cara pengolahannya tanaman sidaguri adalah sebagai berikut :

Siapkan satu batang tanaman sidaguri berikut denga akarnya (100 gr/tanaman). Cucilah batang dan akar tanaman sidaguri dengan air bersih sampai batang dan akar yang mau diolah tsb benar-benar bersih. Kemudian rebuslah batang dan akar dengan air bersih sebanyak kira-kira 1 liter. Tunggu sampai air rebusan mendidih, kemudian angkat dan dinginkan ketika air rebusan tersisa menjadi setengahnya untuk selanjutnya lakukan penyaringan biar ampasnya terpisah. Untuk menghilangkan rasa air rebusan sidaguri yang agak langu bisa juga ditambahkan gula pasir atau gula merah secukupnya sesuai selera. Minumlah secara rutin untuk mendapatkan khasiat dan manfaat tanaman sidaguri sebagai obat asam urat.

 semoga bermanfaat
juragan jamu – suplier bahan baku jamu dan herbal
menyediakan/ jual tanaman sidaguri kering atau bubuk
info hub. 0878 3877 8700
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 7, 2014 in Manfaat & Khasiat

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

2 responses to “Manfaat Tanaman Sidaguri

  1. Rahmi

    Mei 16, 2016 at 7:14 pm

    Sidaguri yg masih segar ada gak ya??

     
    • juraganjamu

      Juni 9, 2016 at 8:44 pm

      Ada mas/ mbak. Silahkan sms/ call

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: