RSS

Sebab dan Pengobatan Alami Mata Ikan

12 Okt

Penyakit ini kerap kali menyerang pada bagian kaki, juga pada bagian tangan serta jari jemari. Di daerah pulau Jawa terutama di Jawa Timur, penyakit mata ikan ini disebut juga dengan caplak. Penyakit ini memang terdengar agak terkesan kampungan, juga kurang sedap ketika terlihat mata oleh karenanya penderita mata ikan terkadang tidak mau berbagi cerita oleh karena rasa malu oleh penyakitnya dan kebanyakan membiarkan tanpa diobati. Padahal jika tidak segera diberi tindakan pengobatan maka kondisi mata ikan akan membesar dan sudah barang tentu bagi orang yang mengidapnya tentu akan semakin menderita.

Lantas apa diantara tanda-tanda dari munculnya penyakit mata ikan ini ?

Salah satu tanda dari munculnya penyakit ini yaitu terjadinya penebalan kulit oleh karena adanya tekanan atau gesekan benda keras. Selain itu kondisi kulit yang sama berada pada tempat yang lembab sehingga akan menjadi keras atau di sebut sebagai keratinous plug.

Pada mulanya penebalan kulit ini berfungsi untuk melindungi kulit, akan tetapi jika bertambah luas akan memicu radang atau nyeri. Mata ikan akan menonjol ke dalam dan sesuai namanya mempunyai inti di bagian tengahnya yang menyerupai dengan mata ikan yang bening dan sakit apabila tersentuh. Bila kondisi penyakit ini menjadi parah, maka akan muncul ulkus atau borok. Keberadaan mata ikan pada umumnya muncul pada bagian telapak kaki, terutama di area tumit.

Penyebab mata ikan
Penyakit mata ikan atau dalam istilah jawanya caplak-en ini dapat diakibatkan oleh beberapa hal diantaranya:

1. Virus.
Penyakit mata ikan bisa disebabkan oleh adanya virus. Human Papilloma Virus ( HPV ) merupakan virus yang dapat menyebabkan mata ikan. Virus ini akan menyerang bagaian kaki manusia. Sedangkan bagian kaki yang terserang pada umumnya pada permukaan kaki, telapak kaki, tumit dan jari – jari kaki.

2. Sepatu.
Kesalahan ketika memilih bahan sepatu yang kurang tepat terlalu keras atau ukuran sepatu yang tidak pas, dapat menyebabkan penyakit mata ikan.

3. Penyakit lain.
Penyakit lain bisa memicu terjadinya penyakit mata ikan ini, salah satunya adalah penyakit diabetes.

Obat Mata Ikan di Kaki
Cara hilangkan mata ikan atau cara mengobati penyakit mata ikan bisa dilakukan dengan cara tradisional, sedangkan bahannya sangat mudah untuk diperoleh. Berikut diantaranya :

1. Getah pepaya
Cara mengobati penyakit mata ikan tradisional pertama adalah dengan menggunakan getah pepaya. Perlu diketahui bahwa getah pepaya di percaya memiliki kandungan zat yang bisa untuk menyembuhkan caplak-en.

Caranya cukup dengan merendam kaki yang terkena mata ikan dengan menggunakan air hangat yang telah di campurkan garam ke dalamnya. Lakukan cara ini selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Selanjutnya angkat dan keringkan kaki Anda. Setelah kondisi kaki kering, lalu oleskan getah pepaya secukupnya pada area bagian yang terkena mata ikan.

Selain getahnya buah pepaya juga bisa untuk menyembuhkan penyakit mata ikan. Caranya gampang oleskan 1/2 sendok teh jus pepaya mentah pada mata ikan dengan bantuan kapas untuk menyingkirkan masalah ini pada kaki. Lakukan secara rutin dan teratur hingga kaki Anda sembuh.

2. Bawang putih
Bawang putih merupakan obat penyembuh alami yang sudah terpercaya. Di dapur sudah tentu terdapat banyak bawang putih. Ambil beberapa siung dari bawang putih, sesuaikan dengan banyaknya mata ikan yang terdapat pada kaki. Selanjutnya Anda tumbuk halus bawang putih tersebut. kemudaian oleskan tumbukan bawang putih pada kaki yang terkena mata ikan. Sesudah itu balut kaki yang sudah diolesi bawang putih menggunakan perban. Sebaiknya gantilah kondisi perban tersebut selama sehari, supaya tetap terjaga kebersihannya. Lakukan secara rutin dan teratur hingga mata ikan pada kaki Anda hilang.

3. Getah pohon kamboja
Getah pohon kamboja dipercaya dapat menyembuhkan mata ikan mengapa demikian? sebab getah pohon kamboja mempunyai kandungan yang hampir sama dengan keberadaan getah pepaya. Jika Anda ingin menggunakan getah pohon kamboja sebagai obat mata ikan, metodenya pun hampir mirip dengan pengobatan menggunakan getah pepaya. Yakni cukup dengan mengoleskan getah pohon kamboja tersebut pada mata ikan secara teratur.

4. Daun dewa
Ambilah 5 lembar daun dewa setelah itu tumbuk sampai halus. Setelah itu, balurkan pada kaki yang terkena mata ikan. Perbanlah kaki yang sudah dibaluri dengan tumbukan daun dewa. Sebaiknya gantilah perban sehari sekali dan lakukanlah secara teratur proses pengobatan ini.

5. Cuka sari apel
Pakailah cuka sari apel untuk melembutkan dan melenyapkan penyakit mata ikan di kaki Anda. Caranya rendam bagian kaki yang terkena mata ikan dalam larutan cuka sari apel selama kurang lebih 25 menit setelah itu gosok dengan batu apung. Bungkus kaki yang terdapat mata ikan dengan perban yang sudah dibasahi dengan cuka sari apel. Setelah kurang lebih seminggu silahkan lihat hasil pengobatan ini dan lihat juga perbedaannya.

6. Bawang Putih
Bawang putih merupakan salah satu bahan obat alami untuk mengobati mata ikan. Caranya, potong bawang putih yang masih segar, kemudian gosokkan pada mata ikan selama kurang lebih 1 menit. Setelah itu tutupilah mata ikan dengan perban yang telah di isi dengan tumbukan bawang putih.

7. Lemon
Untuk mengobati mata ikan Anda bisa juga memanfaatkan lemon. Oleskan air lemon setidaknya 3x dalam sehari berfungsi untuk melembutkan mata ikan sehingga mudah untuk digosok dengan batu apung.

semoga bermanfaat

 

juragan jamu – suplier bahan baku jamu dan herbal

menyediakan/ jual berbagai jenis tanaman obat kering/ bubuk

info hub. 0878 3877 8700

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 12, 2014 in Artikel Penyakit

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: