RSS

Manfaat Daun Pepaya

29 Okt
juraganjamu.com - daun pepaya

juraganjamu.com – daun pepaya

Meskipun pahit daun pepaya diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sejak zaman dahulu daun pepaya sering digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai ramuan obat-obatan. Seperti obat untuk menambah nafsu makan, mengobati malaria, menurunkan demam dan mengatasi mulas, hingga untuk melancarkan haid.

Penambah Nafsu Makan

Daun pepaya sering dimanfaatkan oleh masyarakat desa sebagai obat untuk penambah nafsu makan. Terutama untuk mereka yang sedang sakit dan tidak mau makan. Ada dua cara untuk meningkatkan nafsu makan dengan daun pepaya ini.

Pertama bisa dengan cara mengkonsumsi daun pepaya dalam bentuk lalapan. Diutamakan dalam bentuk lalapan mentah. Kedua yaitu dengan cara meminum air perasan daun pepaya yang sudah ditumbuk/blender. Jika dirasa terlalu pahit, bisa ditambahkan dengan madu secukupnya.

Obat Malaria

Tinggal di wilayah dengan curah hujan tinggi seperti Indonesia ini, tentu sangat rentan dengan serangan wabah malaria. Tentunya kita tidak perlu khawatir berlebihan. Asalkan selalu konsisten menjaga kebersihan lingkungan.

Bagaimana jika terlanjur terserang malaria? Jangan khawatir karena alam Indonesia sudah menyediakan banyak herbal untuk mengobatinya. Salah satu contohnya adalah daun pepaya.  Jadi, jika terserang malaria kita bisa menggunakan daun pepaya sebagai bahan untuk membuat ramuan obat malaria.

Adapun cara untuk membuat ramuan obat malaria adalah sebagai berikut: 1 lembar daun pepaya dan 5 batang tanaman meniran dibersihkan, kemudian direbus dengan 100 ml air hingga mendidih. Kemudian air rebusan tersebut diminum sebanyak satu kali sehari.

Obat Demam dan Mulas

Daun pepaya juga bisa digunakan untuk mengobati demam dan mulas. Adapun cara untuk membuat ramuannya adalah sebagai berikut:

Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu:  1 lembar daun pepaya, daging buah asam secukupnya dan 100 ml air. Rebus semua bahan dengan api sedang hingga mendidih, kemudian angkat. Ramuan diminum sebanyak dua kali sehari.

Melancarkan Haid

Bagi wanita yang mengalami masalah haid yang tidak lancar, tidak perlu bingung mencari obat pelancar haid. Karena daun pepaya juga bisa digunakan sebagai obat pelancar haid. Caranya, ambil daun pepaya muda yang masih segar (sebanyak 1-2 lembar). Tambahkan sedikit garam dan air secukupnya. Rebus semua bahan dengan api sedang hingga mendidih, angkat. Ramuan diminum sebanyak 1 kali sehari, masing-masing ¼ gelas.

selamat mencoba
juragan jamu – suplier bahan baku jamu dan herbal
jual daun pepaya dan tanaman obat lainnya
info hub. 0878 3877 8700
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 29, 2014 in Manfaat & Khasiat

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: