RSS

Khasiat Cacing Tanah dan Pengolahanya

30 Okt
juraganjamu - cacing tanah

juraganjamu – cacing tanah

Cacing tanah jenis Lumbricus mempunyai bentuk tubuh pipih. Jumlah segmen yang dimiliki sekitar 90-195 dan klitelum yang terletak pada segmen 27-32. Biasanya jenis ini kalah bersaing dengan jenis yang lain sehingga tubuhnya lebih kecil. Tetapi bila diternakkan besar tubuhnya bisa menyamai atau melebihi jenis lain.

Cacing tanah jenis Pheretima segmennya mencapai 95-150 segmen. Klitelumnya terletak pada segmen 14-16. Tubuhnya berbentuk gilik panjang dan silindris berwarna merah keunguan. Cacing tanah yang termasuk jenis Pheretima antara lain cacing merah, cacing koot dan cacing kalung.

Binatang yang satu ini adalah memiliki bentuk yang membuat sebagian orang merasa geli atau jijik, namun di sebalik penampilan-nya yang kurang disukai sebagian orang, Cacing tanah ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, banyak orang yang mengkonsumsi-nya untuk menyembuhkan beberapa penyakit, tanpa efek samping, sehingga aman di konsumsi.

Berikut ini manfaat cacing tanah untuk kesehatan dan pengobatan

Obat tifus

Cacing tanah yang dibersihkan dapat menghambat pertumbuhan bakteri salmonella, yang biasanya mengganggu thyphosa pencernaan manusia. Pasien dapat mengkonsumsi cacing tanah rebus atau kapsul cacing bubuk dengan madu. Pengobatan Tifus menggunakan cacing tanah rupanya diakui oleh para ahli farmakologi.

Obat Diare

Wabah penyakit diare sering terjadi di masyarakat. Nah, cacing tanah menjadi salah satu obat tradisional yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit diare. Cacing tanah merupakan antibakteri terhadap bakteri Escherichia coli dan Shigella penyebab diare disentri.

Melancarkan Sirkulasi darah

Cacing tanah mengandung enzim yang dapat menghancurkan lemak jahat di pembuluh darah,  sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Itulah alasan mengapa cacing tanah yang sering digunakan untuk pengobatan pasien dengan hipertensi dan stroke.

Melancarkan Pencernaan

Cacing tanah mengandung enzim, katalase, dan selulosa yang dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh. Dengan demikian, secara tidak langsung cacing dapat membuat pencernaan menjadi lebih halus.

Antipiretik

Cacing Tanah ekstrak yang mengandung nitrogen basa,  yang dapat mengurangi demam pada penyakit tertentu seperti tifus. Penggunaan cacing tanah untuk mengurangi panas ternyata lebih baik,  daripada bahan kimia seperti parasetamol yang dapat meninggalkan efek samping. Penelitian pada laboratorium IPB telah membuktikan ini untuk pengobatan.

Menenangkan

Cacing tanah mengandung Pheretima yang dapat mempengaruhi sistem saraf. Pheretima akan membawa efek tenang, menghentikan kejang, dan mengurangi rasa sakit sehingga sangat ideal untuk digunakan untuk sakit gigi, sakit kepala, dan rematik.

Meningkatkan energi

Kandungan taurin dalam cacing tanah dapat meningkatkan metabolisme lemak,  yang akan diubah menjadi energi. Efek ini juga bermanfaat bagi wanita yang sedang diet.

Menjaga kesehatan kulit

Cacing tanah juga mengandung alfa-tokoferol dapat mempertahankan elastisitas kulit dan kemudaan. Untuk itu, bahan baku cacing tanah banyak dipasok oleh perusaahan kosmetik.

Menyembuhkan luka

Hal ini karena cacing mengandung unsusr asam arakidonat, yaitu yang bisa mempercepat pertumbuhan sel-sel baru.

Cara  Pengolahan Cacing  Tanah

Ada  beberapa   cara  /  proses  dalam  mengolah  daging  lumbricus  rubellus,  diantaranya  ;  proses  pengolahan  kapsul  cacing  tanah dilakukan  dengan  system higroscopy.  Yaitu  kandungan  air  cacingt  tanah  diserap  dengan  menggunakan  kain  kasa.
Selain  itu  ada  juga  cara  pengolahan cacing  tanah  tersebut,..  caranya ialah sebagai berikut  ;

1.      Cari  cacing  tanah  merah  yang  bentuknya  kecil – kecil, (cacing kruntel  yang biasa  digunakan untuk  umpan  memancing  ikan)  dan  bukan cacing  yang hitam  dan besar.
2.      Bersihkan dan pastikan sudah  tidak  ada  unsur  tanah  atau  kotoran  lain, sekedar  untuk  menjaga  higienisnya saja.
3.      Tuangkan  air  kira – kira  3  gelas  untuk ukuran  diminum  3  X sehari.
4.      Masukkan  cacing  dan  rebus  hingga  mendidih.`
5.      Saring  dan ambil  airnya saja.
6.      Dinginkan  sebentar  atau  minumkan  hangat – hangat.

 

Sebelum konsumsi, cacing tanah harus diolah dengan cara yang benar. Pada awalnya perut cacing dibelah, dan keluarkan tanah atau kotoran dari perutnya. Setelah itu, dicuci hingga bersih lalu rebus. Rebusan airnya juga dapat digunakan sebagai  obat tradisional. Namun saat ini sudah tersedia obat dari cacing tanah, yang dapat diperoleh dengan mudah sudah dalam bentuk kapsul, sehingga tidak repot-repot untuk memprosesnya. Perlu diingat sekali lagi, pengolahan cacing tanah harus benar-benar bersih,  sehingga  tidak ada infeksi bakteri  yang berada dalam tubuh cacing.

juragan jamu – suplier bahan baku jamu dan herbal

jual cacing tanah bubuk dan tanaman obat lainnya

info hub. 0878 3877 8700

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 30, 2014 in Manfaat & Khasiat

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: